Rapat Koordinasi Dengan UPZ Kecamatan Se-kabupaten Sukabumi

kabsukabumi.baznas.go.id – Sukabumi, Dalam menyambut dan mempersiapkan masuknya bulan suci Ramadhan 1442H / 2021M, Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Sukabumi melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan se-kabupaten Sukabumi bertempat di Gedung 1000 PPZ Cisaat Sukabumi, Sabtu (20/03/2021).

Hadir dan membuka rakor, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma, SH.M.Si., didamping oleh para wakil ketua dan diikuti oleh sebanyak 47 orang UPZ kecamatan.

Dalam rakor tersebut Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma menyerahkan secara simbolis SK kepengurusan kepada perwakilan UPZ kecamatan Kalibunder.

Wakil Ketua lll Baznas Kabupaten Sukabumi DR. Atot Sugiri, M.Pd.I mengatakan rakor ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti dari hasil pelantikan yang sudah dilakukan sehingga perlu dibekali dengan berbagai hal kaitan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) daripada UPZ Kecamatan.

Menurutnya sesuai amanat dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, termasuk juga Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pengelolaan Zakat, ditambah dengan Peraturan Baznas Nomor 2 Tahun 2016 bahwa Baznas kabupaten Sukabumi diperbolehkan untuk membentuk UPZ di berbagai instansi maupun kewilayahan.

“tugas pokok dari UPZ adalah mengumpulkan zakat dan diperbolehkan mengadakan perbantuan untuk perdistribusian dan pendayagunaan sehingga tugas baznas kabupaten sukabumi bisa terbantu dengan kehadiran UPZ karena mereka berada di wilayah-wilayah tingkat kecamatan” ungkapnya.

Lebih lanjut Atot Sugiri mengungkapkan bulan Ramadhan merupakan moment yang sangat penting, diharapakan pada bulan ramadhan ini umat islam di kabupaten sukabumi disamping menunaikan ibadahnya juga terus berbuat kebaikan yang banyak termasuk dalam hal Zakat Infak Sedekah.

“Fatwa dari MUI kabupaten Sukabumi bahwa pada tahun ini ditetapkan besaran untuk Zakat Fitrah sebesar 30.000 rupiah dan untuk infak ditetapkan sebesar 5.000 rupiah dan mudahan pendapatan kita dapat disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan asnaf-asnaf yang sudah ditetapkan” tandasnya.

Publisher BAZNAS Kab.Sukabumi

Publisher BAZNAS Kab.Sukabumi

BAZNAS Kabupaten Sukabumi adalah lembaga pengelola zakat infak sedekah dan dana keagamaan lainnya yang dibentuk secara resmi oleh pemerintah. Divisi IT dan Publikasi BAZNAS Kabupaten Sukabumi secara rutin akan melakukan pemberitaan dan ajakan - ajakan /dakwah tentang zakat, infak dan sedekah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *