Peresmian Program Pipanisasi Untuk Daerah Kekeringan di Pasir Randu Kab Sukabumi dari BAZNAS Jawa Barat dan BAZNAS Kab Sukabumi

Kekeringan yang melanda warga Desa Pasir Randu Kec Cisolok Kab Sukabumi, menjadi masalah rutinan setiap tahun memasuki musim kemarau, masalah ini sudah menjadi permasalahan rutin sejak selama bertahun – tahun. Selama ini mereka harus mengambil air di atas bukit untuk kebutuhan sehari – hari karena tidak ada nya sumber mata air di daerah tersebut.

Kejadian ini merupakan hal mendesak yang harus segera dicarikan solusinya, maka untuk menyelesaikan persoalan tersebut, BAZNAS Tanggap Bencana Jabar dan BAZNAS Kab Sukabumi bersinergi dengan warga untuk memberikan solusi jangka panjang yaitu membuat pipanisasi sepanjang 1.5 km dari mata air di atas bukit untuk disalurkan ke perkampungan warga dan dibuatkan bak penampungan air. Aktifitas pembuatan pipanisasi ini melibatkan gotong royong warga yang tentunya dukungan dari BAZNAS Jawa Barat dan Kab Sukabumi dengan melibatkan Baznas Tanggap Bencana.

Setelah dilakukan pengerjaan pipanisasi selama 14 hari atas gotong royong warga setempat serta dari anggota Baznas Tanggap Bencana Provinsi dan Kabupaten, akhirnya air yang selama ini menjadi kebutuhan yang sangat diimpikan oleh warga,  bisa dinikmati oleh 250 jiwa yang ada di wilayah tersebut.

Penyerahan pipanisasi ini diserahkan langsung oleh KH Ruyani selaku Ket BAZNAS Kab Sukabumi kepada Camat Cisolok dan perwakilan tokoh masyarakat setempat yang akan dipergunakan selanjutnya untuk kepentingan warga seluas – luas nya agar bisa digunakan dan dirawat dengan baik.

“BAZNAS Jabar dan Sukabumi sudah begitu banyak membantu warga saya di Cisolok, setelah bantuan rumah untuk terdampak longsor Cisolok dan sekarang bantuan pipanisasi air bersih untuk warga pasir randu Cisolok, saya sangat bersyukur dan ini bukti bahwa Zakat itu produktif dan berdaya untuk masyarakat” ujar Bapak Asep Mauludin selaku Camat Cisolok.

Tidak hanya itu, Ketua BAZNAS Kab Sukabumi pun menyampaikan bahwa zakat yang dikelola oleh BAZNAS harus betul – betul dirasakan manfaatnya oleh mustahik dan amanah dalam penyalurannya juga dikuatkan oleh Rahmadian selaku Komandan BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Barat menyampaikan bahwa memang karena keterbatasan yang dimiliki, BAZNAS tidak bisa sendirian dalam melakukan program sosial untuk masyarakat, harus ada sinergi dan partisipasi yang kuat dari masyarakat agar persoalan yang dihadapi masyarakat bisa ditanggulangi
“Terimakasih untuk BAZNAS Jabar dan BAZNAS Kab Sukabumi yang telah mewujudkan impian kami yang selama ini membutuhkan air, terima kasih banyak” begitu rasa haru dari Bapak Nadin selaku ketua RT di Kampung Pasir Randu.

Tentunya dalam menghadapi persoalan di masyarakat harus saling bergandengan tangan bahu membahu bersinergi, tentunya berharap dana zakat yang dikelola oleh BAZNAS ini terus bertambah sehingga makin banyak warga yang terbantu karena nya.

Kontributor : Rahmadian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *